Info Sekolah
Wednesday, 06 Jul 2022
  • TAHUN AJARAN 2022/2023 AKAN DIMULAI PADA TANGGAL 9 JULI 2022, SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU, SELAMAT BUAT KALIAN YANG TERPILIH..      

WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan pengembangan dan penerapan dari kurikulum darurat yang diluncurkan untuk merespon dampak dari pandemi Covid-19. Pengertian Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati.

Adanya pilihan bagi sekolah untuk menggunakan salah satu dari tiga kurikulum ini didasarkan pada dua alasan berikut ini:

1. Sekolah memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan dan konteks masing-masing sekolah.

2. Kebijakan memilih kurikulum diharapkan dapat memperlancar proses perubahan kurikulum nasional karena dilakukan secara bertahap. Dapat dikatakan bahwa kebijakan memberikan opsi kurikulum sekolah merupakan salah satu upaya manajemen perubahan.

Esensi Kurikulum Merdeka adalah pendidikan berpatokan pada esensi belajar, di mana setiap siswa memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Tujuan merdeka belajar adalah untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 secara efektif. Untuk saat ini Kurikulum 2013 tetap dapat digunakan sembari sekolah bersiap-siap untuk menerapkan kurikulum baru ini. Setiap satuan pendidikan dapat menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap berdasarkan kesiapan masing-masing.

Kurikulum Merdeka yang diklaim mampu mendukung pemulihan pembelajaran akibat pandemi Covid-19 yang memunculkan learning loss mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.

2. Fokus pembelajaran pada materi esensial akan membuat pembelajaran lebih mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

3. Guru memiliki fleksibilitas untuk melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kemampuan siswa dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Ibu Mimin (Suminarsih). Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2022 dan diikuti oleh seluruh guru SMP Negeri 3 Mranggen.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan workshop ini para guru dapat mencerna dan mengimplementasikannya nanti saat digulirkan pada tahun pelajaran 2022/2023. Harapan lain adalah mampu menjadikan para siswa melaksanakan program penuatan pelajar Pancasila.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait

MARI SALING MEMAAFKAN

Monday, 9 May 2022

SMP N 3 MRANGGEN SALURKAN ZAKAT

Thursday, 28 Apr 2022

NUZULUL QURAN

Friday, 15 Apr 2022

HUT KE-519 KOTA DEMAK

Monday, 28 Mar 2022

HUT ke-24 SPEGAM

Saturday, 29 Jan 2022

SUPERVISI LANGKAH PERBAIKAN DIRI

Tuesday, 18 Jan 2022