SMP NEGERI 3 MRANGGEN PERINGATI WORD CLEANUP DAY (WCD)

Tanggal 21 September 2019 diperingati sebagai hari bersih-bersih sedunia, yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD). World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.

Faktanya, belum banyak yang tahu tentang gerakan bersih-bersih ini, terutama di Indonesia. Lima tahun belakangan, Indonesia mulai aktif bergabung dan berkontribusi dalam gerakan WCD, dan menarik sejumlah relawan untuk bergabung serta melakukan kegiatan bersih-bersih di beberapa daerah di Indonesia.

Berikut ini cerita tentang gerakan WCD yang perlu kamu ketahui. Siapa tahu kamu tertarik untuk bergabung menjadi relawan di tahun depan.

Salah satu pelaksanaan WCD di SMP Negeri 3 Mranggen dilakukan kegiatan membersihkan lingkungan tempat kerja yang meliputi ruang kerja dengan memilah sampah atau dokumen yang sudah tidak terpakai yang selanjutnya dikirim menuju Bank Sampah Ceria. Kegiatan berikutnya adalah membersihkan lapangan olahraga, got, dan juga melakukan cabut rumput di kebun milik sekolah.

Disampaikan oleh Bapak Ali Mahtum, S.Pd., M.Si. bahwa pelaksanaan peringatan WCD di SMP Negeri 3 Mranggen bertujuan untuk membiasakan budaya hidup bersih. Dengan hidup bersih akan dapat menjaga kesehatan kita. Ditambahkan pula bahwa ini akan mendukung terhadap upaya program sekolah menujuĀ  adiwiyata mandiri.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan pencabutan tanaman ubi yang siap panen untuk selanjutnya direbus dan dinikmati bersama. Kegiatan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Ali Mahtum, S.Pd., M.Si.