Peringatan hari guru nasional selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November menjadi moment spesial bagi kalangan dunia Pendidikan. Di hari Guru Nasional yang ke-75 ini diperingati dalam situasi dan kondisi yang tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini peringatan dilangsungkan dalam kondisi bangsa dan negara yang masih diliputi ketidakpastian dengan merebaknya virus corona. Meskipun demikian pelaksanaan kegiatannya tetap bermakna meskipun sederhana.

SMP Negeri 3 Mranggen pada tahun ini memeringati kegiatan Hari Guru Nasional dikemas dengan sederhana namun penuh makna. Kegiatan yang dilangsungkan di ruangan tanpa apel dimulai dengan sambutan ketua PGRI Ranting SMP Negeri 3 Mranggen Bapak Mahfudli, S.Pd yang menyampaikan pentingnya menjadi pendidik yang inspiratif inovatif dan tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di masa pandemic seperti sekarang ini. Disampaikan pula bahwa guru adalah tonggak utama untuk menjadikan bangsa dan negara tercinta Indonesia menjadi lebih baik.

Sementara sambutan dari Kepala SMP Negeri 3 Mranggen Dra. Sri Tutik Cahyaningsih, M.Pd. mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas kepada Bapak Ibu guru dan tenaga kependidikan yang sudah berjuang mendampingi peserta didik dalam pembelajaran. Disampaikan juga tentang bagaimana gigihnya para guru SMP Negeri 3 Mranggen yang selama pandemic Covid-19 selalu meluangkan waktu hadir ke sekolah dengan tepat waktu.

Selain mengucapkan syukur dan ucapan terima kasih, Kepala SMP Negeri 3 Mranggen juga memberikan penghargaan kepada Bapak Ibu guru yang berdedikasi tinggi untuk memajukan sekolah. Beliau menyerahkan penghargaan kepada  tiga orang guru yang dianggap berkontribusi terhadap kemajuan SMP Negeri 3 Mranggen. Ketiganya adalah Bapak Ali Mahtum, S.Pd., M.Si. yang menginspirasi kemajuan di bidang lingkungan, Siti Sofiyah , S.Pd., M.Pd. yang aktif dalam menyusun karya ilmiah, sementara seorang dari tenaga kependidikan atau  Tata Usaha yaitu Tri Widyawati, S.Sos. yang telah mengupayakan data dapodik dengan tanpa mengenal waktu.

Acara ditutup dengan doa oleh Bapak Ali Mahtum , S.Pd., M.Si. dalam doanya disampaikan harapan agar kita selalu dilindungi oleh Allah dan dapat bekerja mencerdaskan peserta didik untuk kemajuan bangsa Indonesia. Selanjutnya acara dilengkapi dengan menyanyikan lagu Himne guru, Mars PGRI dan lagu lainnya. Tak lupa juga yel-yel guru juga diucapkan sebagai penyemangat.