PEMBINAAN PENGAWAS SMP KABUPATEN DEMAK

Sekolah penggerak adalah sekolah yang memiliki kepala sekolah lulusan program guru penggerak dan memiliki guru penggerak dengan jumlah banyak. Guru penggerak sendiri merupakan program pelatihan guru milik Kemendikbud yang bertujuan mencari guru yang memiliki potensi berinovasi.

Kurikulum 2013 tetap diberlakukan sebagai pilihan, jika sekolah belum berkenan merubah cara belajar-mengajar. Kurikulum seyogyanya memiliki tujuan serta struktur yang sama. Yang berbeda dari kurikulum baru adalah penerapan konsep merdeka belajar di satuan pendidikan. Dalam hal ini, kurikulum baru akan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan tiap sekolah dan siswa.

Pemerintah  pada era tahun 2021 menyelenggarakan program sekolah penggerak. Di Kabupaten Demak yang terpilih atau ditunjuk untuk sebagai sekolah penggerak meliputi  SMP Negeri 2 Mranggen, SMP  Negeri 4 Demak, SMP Negeri 2 Mijen, dan SMP Terang Bangsa.  Keempat sekolah tersebut dipilih untuk mewakili  disetiap wilayah masing-masing.  Selain sekolah penggerak terdapat program lain yaitu Kepala Sekolah Penggerak, dan juga Guru Pengggerak.

Disampaikan oleh Pengawas SMP Kabupaten Demak Drs. Setyabudi, M.Pd. bahwa untuk Kabupaten Demak belum banyak guru yang mau ikut mendaftar sebagai guru penggerak, sementara kuota yang dibutuhkan masih belum terisi secara penuh. Disampaikan pula tentang calon kepala sekolah yang  nantinya akan  dipromosikan dan diangkat dari guru penggerak.  Hal ini telah diprogramkan oleh Kemendikbud.

Hal lain yang disampaikan  adalah tentang adanya istilah-istilah yang akan digunakan pada kurikulum 2021 seperti, PPP  (Profil Pelajar Pancasila) CP, ATP dan MA (Modul Ajar). Semua istilah yang disebutkan tersebut sebenarnya hanya mengganti istilah yang sudah ada di kurikulum sebelumnya.

Harapan lain yang disampaikan pada kegiatan pembinaan tersebut juga menyinggung tentang manajeman sumber daya manusia, kompetensi dan motivasi, tugas pokok guru dan juga fungsi guru. Kompetensi guru juga disampaikan dengan detail dan jelas yang meliputi kepribadian, sosial, profesionl, dan pedagogik.

Pembinaan ini dilaksanakan di ruang guru pada tanggal 17 September 2021 melalui  tatap muka dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00. dan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 3 Mranggen.