HAORNAS 2020 DI SMP NEGERI 3 MRANGGEN

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Penetapan Haornas berdasarkan pada tanggal pembukaan PON I atau Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9–12 September 1948. Hari Olahraga Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 195 tentang Hari Olahraga Nasional yang diteken oleh Presiden Kedua Indonesia, Soeharto. Perumusan Haornas dilakukan di Solo pada tanggal 9 September 1983, sebagai langkah awal gerakan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Dalam rangka peningkatan, pembinaan, dan perkembangan olahraga secara berlanjut perlu menetapkan tanggal 9 September sebagai Hari Olah Raga Nasional dan Haornas bukan merupakan hari libur.

Logo Hari Olahraga Nasional 2020 Logo Hari Olahraga Nasional 2020 menyerupai bentuk bola yang terbentuk dari tiga komponen tema Haornas 2020 yaitu sport science, sport tourism, dan sport industry. Menurut Kementerian Pemuda dan Olahraga, logo ini melambangkan sinergi, semangat, dan kekuatan dalam meningkatkan kebugaran dan prestasi olahraga melalui dukungan sport science serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sport tourism dan sport industry.

Warna logo Hari Olahraga Nasional 2020 terdiri dari kuning, merah, biru, hijau, emas, dan merah oranye dengan arti sebagai berikut.

  1. Kuning: melambangkan optimisme masyarakat Indonesia bangkit dari pandemi Covid-19.
  2. Merah: melambangkan energi dan semangat yang berkobar untuk terus berjuang.
  3. Biru: melambangkan kekuatan dan percaya diri bahwa Indonesia mampu mencapai kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga tertinggi.
  4. Hijau: melambangkan pertumbuhan ekonomi dalam sektor industri olahraga dan pariwisata.
  5. Emas: emlambangkan prestasi olahraga Indonesia Jaya.
  6. Merah Oranye: melambangkan invoasi pada pembangunan industri nasional.

Tema Hari Olahraga Nasional 2020 Tema yang diusung pada Hari Olahraga Nasional 2020 dari Kemenpora adalah Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mendukung tema tersebut agar dikembangkan dengan baik.

Meskipun covid-19 masih menghantui masyarakat Indonesia namun pelaksanaan kegiatan olahraga harus terus dilaksanakan guna menguatkan imun dan menjaga kebugaran. Aktivitas olahraga di SMP Negeri 3 Mranggen terus menerus dilakukan terjadwal setiap hari jumat pagi dengan melaksnakan kegiatan senam pagi. Kegiatan tersebut dilakuka dengan tetap melaksanakan protokoler kesehatan.